Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Selasa, 01 September 2015

Cara Mudah Menulis Buku Novel atau Kumpulan Cerpen

Bagaimana Cara Mudah untuk Menulis Buku yang Bagus? Untuk tahu, klik di sini!

Ingin menulis buku, baik novel maupun kumpulan cerpen, namun bingung bagaimana caranya? Atau, kamu ingin membuat buku pertamamu? Mari baca langkah-langkah mudah menulis buku di bawah ini!

Bagian 1: Ide dan Modal

1. Milikilah sebuah buku catatan atau jurnal untuk menuliskan ide-idemu.

Kalau buku itu kecil, kamu bisa membawanya ke manapun dan bisa mencatat ide yang muncul tiba-tiba dengan mudah.

2. Pastikan kamu telah memiliki modal supaya bisa menulis dengan lebih mudah. Apa saja modal itu? Klik di sini untuk mengetahuinya!

Bagian 2: Menentukan Topik

1. Putuskan apa yang ingin kamu tulis.

Kamu mungkin sedang menginginginkan sesuatu yang berarti bagimu? Itu bisa jadi tema untuk menulis. Menulis apa yang kamu tahu memang bagus, tetapi mempelajari hal baru sebenarnya juga menyenangkan. Pastikan kamu telah melakukan riset, tidak peduli apa yang akan kamu tulis. Galilah informasi sedalam-dalamnya!

2. Cari inspirasi. (Klik di sini untuk mendapatkannya!)

Banyaklah membaca. Ini bisa membantumu mengembangkan ide dasar dan menghias ide yang sudah ada.

3. Rencanakan bukumu.

Pastikan kamu sudah tahu bagaimana jalan ceritamu nantinya, tidak peduli apakah nanti kamu akan mengubah alurnya atau tidak. (Ingin tahu cara membuat alur atau plot yang baik? Klik di sini!)

Bagian 3: Mengembangkan Tokoh

1. Kembangkan tokoh dengan realistis dan bisa dipercaya, alias tidak sempurna. Ketahuilah apa yang disukai, tidak disukai, kelebihan, dan kekurangan tokohmu.

Bagian 4: Menulis Buku

1. Tulis, tulis, tulis!

Sebuah tulisan tidak bisa menulis dirinya sendiri. Atur waktu untuk menulis tiap hari atau beberapa hari sekali, ketika kamu punya waktu luang.

2. Menulislah dengan bebas.

Pertama-tama, biarkan ide-idemu mengalir, lalu periksalah, apakah ide itu cocok dengan jalan ceritamu atau tidak. Jika iya, masukkan saja ide itu ke dalam cerita.

Jangan mengkritik draf pertamamu, pokoknya tulis saja! Setelah semuanya selesai, kamu bisa saja mengedit atau bahkan menulis kembali naskahmu u tuk hasil yang lebih baik.

3. Buat ending ceritamu sebaik mungkin.

Bagaimana caranya? Klik di sini!

Bagian 5: Menyelesaikan Buku

1. Edit bukumu.

Biarkan naskah yang sudah selesai selama beberapa hari. Kemudian, buka kembali naskah itu dan mulailah mengedit. Mengapa kita tidak boleh langsung mengedit naskah setelah cerita selesai? Klik di sini untuk tahu jawabannya.

2. Buat judul yang menarik dan mudah diingat.

Untuk mengetahui caranya, klik di sini.

3. Cari penerbit yang tepat.

Jika ceritamu romance, tentu kamu tidak mungkin mengirim ke seri KKPK, kan? Hehe. Untuk mengetahui penerbit apa yang cocok untukmu, kamu bisa mencari tahu di Google, atau cari saja kenalan seorang penulis yang bukunya se-genre denganmu untuk diintrogasi. Haha, ga deng, I meant untuk ditanya-tanya :p

4. Selesai! Kamu telah membuat sebuah buku, selamat!

Bagian 6: Email yang konsisten

1. Usahakan miliki satu email khusus untuk dunia kepenulisan. Jadi, jika ingin mengirim naskah, biodata penulis, atau mengikuti lomba menulis, kamu bisa memakai satu email itu, jangan diganti-ganti. Mengapa? Jawabannya ada di sini.

Tips:

1. Kamu bisa minta review naskah pada sahabat atau keluarga. Mintalah saran yang jujur dan membangun.

2. Jangan menyerah jika writer's block melanda. Kamu bisa meninggalkan naskahmu beberapa saat untuk mencari udara segar, namun jangan lupa untuk melanjutkan kembali ceritamu.

3. Ada yang mau menambahkan?

Sumber: wikihow, diterjemahkan dengan perubahan dan penambahan.

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).