Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Selasa, 25 Maret 2014

6 Tips/Cara Fantastis Membuat Ending Tulisan (Novel atau Cerpen)

Halo haaaiii! Kali ini aku akan membahas tentang cara membuat ending suatu tulisan (dalam hal ini cerpen atau novel, ya). Aku dapet tipsnya dari wikihow, tetapi di situ ditulisnya dalam bahasa Inggris. Di sini, kalian bisa baca artikelnya dalam bahasa Indonesia, lhooo :D tapi aku juga mengubah-ubahnya sedikit ;)

Oke, cekidot!

1. Selesaikan. Maksudnya, selesaikan awal dan pertengahan cerita sebelum membuat ending. Siapa tahu kamu lupa untuk menjelaskan hal penting secara detail di awal/pertengahan ceritamu.

2. Perbaiki. Ya, perbaiki pertengahan atau awal cerita sebelum kamu mulai menulis ending. Siapa tahu ada kesalahan penulisan (titik koma, huruf kapital, atau sejenisnya) atau kamu lupa menambahkan sesatu di awal/tengah ceritamu.

3. Baca. Baca naskahmu sebelum kamu memulai endingnya. Dengan begini, kamu akan ingat apa yang kamu tulis di awal naskahmu. Jadi, ending yang kamu buat nantinya pasti akan nyambung dengan awal cerita.

4. Pikirkan. Apa yang harusnya terjadi? Buatlah ending sekeren mungkin. Keren bukan berarti harus happy ending, ya. Bisa happy ending or sad ending. Bahkan, bisa juga happy dan sad ending sekaligus. It's all up to you!

5. Tulis! Walaupun kamu masih belum tahu apa yang harusnya terjadi selanjutnya, cobalah menulis apapun, walaupun aneh (kan, nanti masih bisa diedit). Yang jelas, jangan sampai kamu termenung dua jam di depan laptop tanpa menghasilkan satupun kalimat.

6. Paragraf terakhir. Inilah yang paling sulit. Di saat inilah kamu akan menyelesaikan bukumu. Buat paragraf terakhir, terlebih kalimat terakhir, akan jadi sesuatu yang selalu terngiang di benak pembaca. Buatlah paragraf terakhir ini menjadi 'istimewa'.

Nah, sudah kamu lakukan semuanya, belum? Kalau sudah, besok atau lusa bisa kamu edit-edit dari awal sampai akhir, dan tinggal dikirim! Hohoho, asyik, kan? :D

Makasih sudah mau baca. Semoga bermanfaat! Dan, jangan lupa kasih komentar, ya. Soalnya aku pengen tahu apa pendapat kalian tentang post ini. Atau mau memberi tambahan? Boleh kok, silakan!

12 komentar:

  1. sangat bermanfaat.
    aku izin copas ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih :)
      ya, silakan, tapi cantumkan sumber, ya :)

      Hapus
  2. Thanks a lot, kebetulan aku mewakili sekolahku di lomba ting.Kabupaten. Sangat membantu karena aku paling bingung kalau harus buat ending

    BalasHapus
  3. Thanks sangat membantu.Izin copas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, kalau dicopas sertakan sumber yaa. Makasih. :)

      Hapus
  4. Kak ada medsos gak?..
    Kalau ada kasih tau ya..
    Oh iya, makasih nih kak tipsnya jadi aku bisa memperbaiki cerita aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok. twitter: nindavv. FB: Nada Laila Ayunindia yaa :)

      Hapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).