Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Minggu, 23 Agustus 2015

12 Hal yang Harus Diketahui Penulis Cerita (Bagian 1)

Sebenarnya, dari artikel asli, tips ini adalah tips menulis cerita misteri, namun sebenarnya bisa juga digunakan untuk menulis genre lain, bahkan fanfiction! (Untuk yang ingin tahu cara menulis cerita misteri, klik saja di sini!)

Jadi, kamu ingin tahu tips dan kiat-kiat menulis cerita (baik novel atau cerpen) terlebih lagi cerita misteri? Check this out!

*

1. Ceritamu harus merupakan persamaan yang belum lengkap.

4 + 5 = 9 adalah contoh persamaan yang lengkap. Jelas dan simpel. Juga telah diselesaikan. Apalagi yang mau dipertanyakan dari persamaan tersebut?

Masalahnya, sebuah cerita tidak boleh sesimpel dan sejelas itu. Tentu saja kita tidak mau membaca cerita yang sudah diselesaikan--dalam artian, cerita tersebut tidak berkembang, begitu-begitu saja.

Contoh: Rina pergi ke sekolah, belajar, lalu pulang ke rumah, makan, shalat, tidur. Kemudian ia mengerjakan PR setelah bangun, lalu makan, menonton TV, dan tidur malam. Dia bangun kembali jam 5 pagi. Pada jam 6.30, dia berangkat kembali ke sekolah, belajar, lalu pulang....

Tentu saja itu hanyalah sebuah karangan sederhana. Tidak ada seusatu yang 'hebat' terjadi, berarti tidak ada ketertarikan yang bisa merebut hati pembaca.

Namun, jika seperti ini: Rina lupa mengerjakan PR. Akibatnya dia dihukum membersihkan gudang. Di sana, dia menemukan sebuah cokelat, lalu iseng-iseng memakannya. Rina tiba-tiba pingsan. Saat bangun, ia mendapati dirinya sudah ada di sebuah gubuk reyot yang panas....

Nah, jika kita memakai contoh kedua, tentu ceritanya akan terus berkembang dan terasa lebih seru, karena pembaca merasa penasaran. "Hah! Kok Rina tiba-tiba ada di tempat lain? Kok bisa? Mana mungkin! Apa jangan-jangan...." Pembaca akan 'kepo', dong, hahaha. Mengapa? Karena di dalam cerita itu ada persamaan yang belum selesai, alias masalah yang harus dipecahkan.

Cerita yang baik menjebak kita di dalamnya, menyuguhkan persamaan "x+5=9", dan kita diharuskan mencari nilai X. X itulah yang menghantui kita. Begitulah kira-kira perumpamaannya.

2. Setiap cerita adalah sebuah cerita misteri.

Penjelasan berikut bukanlah tentang misteri-misteri atau pembunuhan, namun lebih menjurus kepada tiap cerita di luar sana. Semua cerita butuh pertanyaan yang belum terjawab, sehingga pembaca mati-matian ingin tahu. Pertanyaan itu bisa berupa apapun, misalnya, "mengapa tokoh utama ini kesakitan tiap mendengar lagu barat?", "apa yang ada di dalam kotak aneh itu?", "bagaimana bisa mereka menyelamatkan diri dari pembantaian besar-besaran?".

3. Ceritamu harus berlawanan dengan berita.

Sebuah berita memberitahu fakta-faktanya di awal. Misalnya, "seorang wanita memenangkan undian miliaran rupiah." Barulah dijelaskan 5w 1h-nya (who, what, why, when, where, how), misalnya siapa wanita itu, bagaimana bisa, dan kapan. Namun, tugasmu sebagai seorang penulis adalah membuat pembaca bertanya-tanya dengan 5w 1h di atas, baru memberitahu fakta yang sebenarnya.

4. Pembaca ingin bekerja

Intinya, pembaca ingin ikut bekerja, dan harus bekerja. Mereka ingin ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah di ceritamu. Buatlah mereka tertarik dengan ceritamu dan selalu terbayang-bayang ceritamu saat harus berhenti membaca (misal: ketika mereka akan tidur, shalat, makan, dsb.)

Sumber: ini. Diterjemahkan dengan perubahan.

*

Ingin mengetahui tips kelima sampai kedelapan? Klik di sini!

Atau kamu ingin memberi pendapat dan menambahkan tips lain yang harus diketahui tiap penulis? Silakan berkomentar, Kawan! :)

4 komentar:

  1. Balasan
    1. ada di sini yaa: http://goresan-nada.blogspot.co.id/2015/08/something

      Hapus
    2. Tidak ada sambungannya.
      Kosong. Yang ada cuma:

      "Maaf ya, halaman yang kamu cari tidak ada. Silakan kembali ke http://goresan-nada.blogspot.com ya! :)"

      Hapus
    3. ada di sini yaa http://goresan-nada.blogspot.com/2015/09/12-hal-yang-harus-diketahui-penulis.html

      Hapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).