Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Sabtu, 28 September 2013

Judul, Emang Penting?

Halo, Assalamu 'alaikum! :)

Setiap tulisan, baik cerpen, novel, puisi, drama, ataupun lirik lagu (dan lainnya) pasti memiliki judul. Kali ini, aku akan membahas tentang pentingnya judul dalam novel, kumpulan cerpen, atau cerpen.

Gini ya. Judul itu penting, PENTING BANGET! Kenapa?
Misalnya kamu menerbitkan buku, dan bukumu dijual di toko-toko buku. Yang pertama kali dilihat si ‘calon pembeli’ di toko buku, tentu saja judul dan kovernya, kan?

Kalau judulnya bagus dan menarik, kemungkinan besar si calon pembeli akan membeli buku itu. Tapi, kalau judulnya kurang menarik, pastinya si calon pembeli sudah eneg duluan untuk membaca ceritamu.

Coba deh bandingkan, mana judul yang lebih menarik?

a. Buku Hilang
b. Buku Misterius Penyihir Welonna

Aku yakin, pasti kalian akan memilih Buku Misterius Penyihir Welonna. Intinya, sebagus apapun buku itu, kalau judulnya tak menarik, kemungkinan untuk laris manis di toko buku ya kecil sekali.

Eh, tapi saran dariku nih ya, jangan membuat judul yang terlalu panjang. Usahakan, jumlah kata di judul itu jangan lebih dari lima kata. Jangan juga menggunakan kata-kata yang terlalu sulit diucapkan dan dihafalkan, misalnya ‘Xedkryteiio Heirueowo’. Mungkin bagi kalian itu judul yang menarik, tapi gimana coba kita mau bacanya? u,u

Terus, gimana dong cara membuat judul yang menarik dan bagus?
Gini ya. Kalau kamu sudah selesai membuat ceritamu, coba cari beberapa pilihan judul. Misalnya, ceritamu berisi tentang pahlawan. Kamu bisa membuat beberapa pilihan judul, yaitu (misalnya, lho. Enggak harus sama dengan opsi ini -_-V)

a. Pahlawan Tak Dikenal
b. Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
c. Ah, Begitu Saja Dibilang Pahlawan!
d. Pahlawan Jadi-Jadian

Menurutmu, mana yang paling bagus? Kalau aku, sih, lebih suka opsi C dan D. Kalau kamu bimbang di antara dua pilihan itu, kamu bisa meminta mama atau papamu atau kakak-adikmu memilih judul mana yang lebih bagus untuk ceritamu.

Eits, tapi jangan lupa! Judul cerita harus nyambung dengan isinya. Percuma saja kalau judulmu sudah bagus, tapi isinya enggak ada hubungannya dengan judul. Yang ada malah mengecewakan pembaca.

Misalnya, judul ceritamu ‘Ah, Begitu Saja Dibilang Pahlawan!’ namun isi ceritamu tentang seekor kucing dan seekor kancil yang bersahabat. Apa coba hubungannya? Kalau aku jadi si pembeli, sudah kukritik tuh si pembuat cerita! (hahaha, kidding lho)

Oke, mungkin ini saja yang bisa kusampaikan. Semoga bermanfaat ya! ingat, kalo buat judul yang bagus lho. Hehehe :p

#Ninda
Wassalamu 'alaikum .... :)

3 komentar:

  1. Nyess. Menurutmu judul novel aku bagus gak. "Jalan Yang berliku?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa lebih bagus lagi kalau lebih 'nggak biasa' :)

      Hapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).