Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Sabtu, 17 Oktober 2015

Cara Fantastis Menjadi Penulis Hebat seperti JK Rowling - Plus Penjelasan (Bagian 2)

Untuk membaca post sebelumnya, klik di sini.

Meningkatkan kemampuan menulis bukanlah hal yang sulit bila kita punya tekad yang kuat. Beginilah cara mudahnya.

# Pelajari kemampuan vitalnya.

6. Bacalah sebanyak mungkin.

Penulis harus banyak membaca. Bacalah semua hal selagi bisa, mulai dari dongeng anak-anak hingga buku filsafat, meskipun kamu merasa tidak membutuhkan pengetahuan tentang itu.

Membaca memperluas kosakata, mengajarkan tata bahasa, memberikan inspirasi, dan menunjukkan apa yang bisa kita lakukan dengan bahasa. Untuk penulis pemula, membaca itu sepenting menulis.

Tidak tahu apa yang harus dibaca? Minta rekomendasi dari teman, atau kunjungi perpustakaan dan ambil buku secara acak.

7. Perluas kosakata.

Ketika membaca, pastikan kamu memiliki kamus atau thesaurus di dekatmu (thesaurus bisa didownload secara gratis, kok! Silakan browsing! :)) Tulis kata-kata yang tidak kamu mengerti, lalu cari arti dan sinonimnya nanti.

8. Pelajari grammar.

Ya, ya, tentu saja ada beberapa buku terkenal yang sukses meskipun tata bahasanya tidak sangat bagus. Namun ingatlah, belajar grammar bukan sekadar mengingat ada berapa jenis kata dan frasa.

Akan tetapi, pelajarilah bagaimana sebuah kalimat bisa dibentuk, penggunaan tanda baca yang benar, dan sebagainya membuatmu lebih tahu bagaimana cara mengekspresikan diri. Jika menurutmu grammar adalah hal sulit, carilah buku bahasa Indonesia, atau cari guru menulis.

9. Sesuaikan tulisanmu dengan tujuan dan pembaca.

Misalnya, tulisan yang berbunga-bunga (contoh: malam itu gemerlap bintang begitu menenangkanku. Tidak seperti biasanya, malam tampak lebih bersahaja kali ini....) lebih cocok ada dalam puisi dibanding sebuah karya ilmiah. Pastikan pilihan kata dan panjang kalimat tidak terlalu sulit (atau terlalu simpel) untuk pembacamu.

*

Bagian tiga post ini mungkin akan dipost beberapa hari lagi. Jika ingin tahu kelanjutannya, stay tune here! :)

Ingin menanggapi, atau malah menambahkan tips? Silakan berkomentar!

Sumber: Wikihow. Diterjemahkan dengan perubahan dan penambahan.


Kata kunci: cara menjadi penulis best seller, bagaimana cara menjadi penulis terkenal, bagaimana cara menjadi penulis berkualitas tinggi, bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis, cara mudah jadi penulis hebat, cara mudah jadi penulis best seller, cara menjadi penulis seperti JK Rowling, cara menulis buku sebagus harry potter

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).