Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Rabu, 14 Oktober 2015

Cara Fantastis Menjadi Penulis Hebat seperti JK Rowling - Plus Penjelasan (Bagian 1)

Siapa yang tidak tahu JK Rowling? Wanita penulis buku fenomenal Harry Potter sudah pasti dikenal banyak orang. Menulis telah membuat wanita ini bergelimang uang dan kaya raya.

Apakah menjadi penulis hebat sepertinya mungkin dilakukan? Apakah kita bisa membuat karya yang berkualitas? Apakah kita bisa menjadi penulis terkenal? Bisakah kita mempunyai skill menulis yang sangat baik?

Jawabannya jelas: bisa! Tentu saja menjadi penulis hebat bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam semalam. Namun, ini jelas lebih mudah dibanding menjadi bintang olahraga atau penyanyi.

Jika kamu terus-menerus melakukan cara di bawah ini, maka menjadi penulis dengan kualitas tinggi tidak akan menjadi hal yang mustahil!

# Terus menulis

1. Menulislah setiap hari.

Mungkin kamu lebih suka menulis satu adegan pendek setiap harinya, atau malah bekerja dalam proyek menulis jangka panjang. Mungkin target menulismu adalah minimal satu paragraf, atau malah satu halaman penuh? Yang jelas, biasakanlah menulis setiap hati.

Kalau kamu tidak punya waktu, cobalah bangun lebih pagi atau tidur lebih lambat--meskipun waktu yang bisa kamu luangkan hanya 10 menit.

2. Menulislah meskipun dilanda writer's block.

Penulis macam apa yang tidak membenci writer's block? Jangan takut menulis sesuatu yang buruk. Itu jauh lebih baik dibandingkan memandang halaman kosong seharian. Menulis apapun yang ada di pikiranmu bisa membantumu mendapatkan ide.

Coba tulis tentang perasaanmu saat stuck tanpa ide, atau deskripsikan sesuatu yang ada di dekatmu, atau tulis apa yang membuatmu kesal. Beberapa menit melakukan ini bisa membuatmu kembali ke dalam 'mode menulis', kemudian membuatmu mendapat ide.

Lihatlah website-website, atau ke toko buku online, atau pergilah ke perpustakaan untuk mencari imajinasi.

3. Tantang dirimu sendiri.

Mencari tantangan baru yang sulit sangat penting untuk meningkatkan kemampuan di suatu bidang. Cobalah tantangan di bawah ini sebagai latihan, meskipun pada akhirnya kamu tidak tertarik dengan hasil akhirnya:

a. Cobalah gaya menulis baru. Misalnya, tiru gaya menulis seorang penulis terkenal, atau kombinasikan gaya menulis dua orang penulis.

b. Jika sebagian tulisan kamu dedikasikan untuk blog, atau kamu sedang menulis sebuah proyek yang panjang, istirahatlah sebentar dari proyek itu. Pikirkan sebuah topik yang tidak biasa kamu tulis, kemudian tulislah.

4. Cari umpan balik dari grup penulis-penulis yang bisa mendukungmu.

Mintalah saran untuk tulisanmu. Sebagai gantinya, kamu bisa menawarkan diri untuk membaca naskah penulis lain, kemudian juga memberi komentar. Terimalah kritik yang jujur untuk meningkatkan kualitasmu.

Akan tetapi, jauhkan naskahmu dari orang-orang yang suka meremehkan. Kritik yang membangun dengan komentar yang mematahkan semangat sangatlah berbeda.

5. Buat jadwal untuk menulis, dan katakan itu pada orang lain.

Jika kamu kesulitan untuk menulis -- karena malas, misalnya -- buat komitmen pada orang lain. Jadi orang itu bisa memberimu motivasi. Misalnya, jika kamu menulis di blog, umumkan bahwa kamu akan menulis post setiap minggu, sehingga mau-tidak mau kamu akan melakukannya. Atau, saat menulis novel, beritahulah temanmu, sehingga dia akan mengingatkanmu jika kamu ingin menyerah dalam menulis.

Cari lomba-lomba menulis. Berjanjilah pada dirimu sendiri untuk mengikutinya. Ikuti tantangan menulis, baik itu berupa kuis yang diadakan di grup media sosial atau lainnya.

*

Bagian dua post ini mungkin akan dipost beberapa hari lagi. Jika ingin tahu kelanjutannya, stay tuned here! :)

Sumber: sini. Diterjemahkan dengan perubahan dan penambahan.

Kata kunci: cara menjadi penulis best seller, bagaimana cara menjadi penulis terkenal, bagaimana cara menjadi penulis berkualitas tinggi, bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis, cara mudah jadi penulis hebat, cara mudah jadi penulis best seller, cara menjadi penulis seperti JK Rowling, cara menulis buku sebagus harry potter

2 komentar:

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).