Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Sabtu, 10 Oktober 2015

6 Tips Ampuh Menulis Novel - Dari Penulis Best Seller Australia

Sudah 20 buku best seller dihasilkan oleh Di Morrisey. Morrisey berasal dari New South Wales, Australia. Saat launching buku ke-21-nya, dia yakin bahwa buku ini akan sesukses buku-buku sebelumnya.

Bagaimana mungkin dia bisa seyakin itu? Apa rahasianya hingga dia bisa jadi salah satu novelis terpopuler di Australia?

"Sebagai permulaan," kata Morrisey, "menurutku, menulis adalah sebuah bakat. Hanya ada dua pilihan: Anda adalah seorang 'tukang cerita' atau tidak sama sekali. Kupikir, Anda harus punya kemampuan dalam diri untuk menghibur orang, juga untuk membuat cerita yang bisa membuat pembaca terus membalik halaman."

Namun, sebelum Morrisey mengempiskan harapan orang-orang yang bercita-cita jadi penulis, dia berkata, "Aku juga percaya bahwa setiap orang punya cerita - bisa jadi sebuah kejadian menarik di masa lalu, keluarga yang suka memaksa, atau hanya sebuah cerita y ang bagus - soal kemampuan bercerita, itu bisa dipelajari nanti." Jadi, semua orang bisa saja menjadi penulis.

Kemudian, Di Morrisey membongkar trik-trik untuk menjadi penulis best seller yang sukses.

1. Temukan cerita-'mu'.

Cerita tidak bisa dibuat secara tiba-tiba. Ada orang-orang yang membeli buku yang best seller, kemudian mereka menganalisis cara penulisan buku tersebut. Lalu, mereka menirunya, tetapi pembaca punya rasa batin yang bisa mengetahui apakah sebuah cerita asli dan ditulis dengan hati, atau sekadar tiruan semata.

Cerita yang bagus bertumpu pada seseorang yang berada dalam kondisi tertentu, dan diharuskan melakukan sesuatu. Kondisi itu tidak harus dramatis -- namun harus memiliki saat-saat 'di atas dan di bawah'. Harus ada waktu ketika semua terasa 'panas', kemudian 'turunkan suhu' sehingga jadi hangat kembali.

Buatlah pembaca penasaran setiap akhir bab cerita.

2. Buat tokoh utama.

Ini adalah kuncinya. Pembaca boleh membenci atau mencintai tokoh utama--terserah padamu, Penulis! Yang jelas, mereka harus peduli pada tokoh utamamu.

3. Masukkan sebuah cerita cinta.

Cerita cinta bisa ada dalam berbagai bentuk -- antara seseorang dengan anjingnya, kakek dengan cucu, atau pria dengan wanita. Hubungan antarmakhluk hidup membuat penulis bisa memasukkan emosi - cinta, marah, benci, atau takut. Dan pembaca ingin merasakannya.

4. Buat cerita berdasarkan seseorang di dunia nyata.

Misalnya, buatlah cerita tentang seseorang yang kamu sukai - pikirkanlah seseorang yang memiliki sifat yang menyenangkan. Pikirkanlah orang-orang yang nyata, bukan superhero yang kamu lihat di TV-TV.

5. Masukkan orang-orang yang baik dan jahat di sekitar tokoh utamamu.

Harus ada orang-orang yang menghalangi dan mengganggu tokoh utama.

5. Tulis. Tidak peduli apa yang terjadi.

Duduklah, lalu tulis. Banyak orang ingin menerbitkan buku, tetapi mereka bilang tidak punya waktu. Padahal, jika mereka memang ingin, mereka pasti bisa menemukan waktu untuk menulis.

Tulis apa saja, meskipun itu hanyalah nama lengkapmu. Pada akhirnya, otakmu akan 'tertendang' sehingga jarimu bisa bergerak dan bisa membuat folder berisi ide-ide.

Kertas kosong adalah hal yang paling menakutkan.

*

Tips paling populer untuk menulis best seller:

1. Percayalah pada plot yang kamu buat. Pembaca akan tahu bila ceritamu tidak asli.
2. Buat konflik: psikis, fisik, atau sebagainya.
3. Buat ending tiap bab menggantung sehingga pembaca penasaran.
4. Buat tokoh pendukung.
5. Tokohmu harus tumbuh sepanjang cerita, jadi sifatnya di ending cerita akan berbeda dengan sifatnya di awal.
6. Cerita cinta tidak selalu antara seorang pria dengan seorang wanita. Berpikirlah di luar kotak.
7. Amatilah dunia.

Diterjemahkan dari sini, dengan penambahan dan perubahan.

2 komentar:

  1. Wahh.. bermanfaat bangettt, kak!^^ Aku izin copas, boleh gak?

    BalasHapus
  2. Arinah Farah: terima kasih, Farah :) boleh kok, tetapi tolong cantumkan link blogku sebagai sumber yaa ;)

    BalasHapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).