Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Minggu, 04 Oktober 2015

Bagaimana Cara Membuat Akhir Cerita Misteri?

Masih bingung tentang cara mengakhiri novel misteri atau cerpen detektif buatanmu?

Pertama, kita harus tahu ending yang akan kita buat seperti apa. Ingat, ending cerita datang setelah klimaks. Ending adalah sebuah bagian atau chapter pendek yang menunjukkan bagaimana tokohmu telah berubah. Ending juga menyatakan apa yang akan atau tidak akan terjadi pada tokohmu. Tidak ada lagi yang terjadi pada cerita setelah ending datang.

Akhirilah cerita misteri setelah tidak ada lagi aksi yang bisa dilakukan. Pertanyaan apapun (misal: siapa yang melakukan kejahatan itu? Mengapa? Bagaimana bisa? Dst.) harus telah dijawab sebelum ending. Jangan membuat konflik baru di ending.

Hal yang terjadi di ending harus memiliki sebab akibat yang jelas. Misalnya, sebuah keluarga miskin tidak mungkin tiba-tiba jadi kaya tanpa alasan jelas, atau seorang buronan kelas kakap tak mungkin mendadak menyerahkan diri pada polisi.

Ending cerita misterimu harus memperkuat tema yang kamu ambil. Misalnya: cinta mengalahkan segalanya, kebaikan akan selalu menang, atau semua orang sebenarnya baik.

Dan yang terakhir, ending harus ringkas.

Ada yang mau menambahkan? Silakan berkomentar!

Sumber: Global Mysteries. Diterjemahkan dengan perubahan dan penambahan.

Kata kunci: membuat ending cerita misteri, cara membuat ending yang bagus

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).