Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Jumat, 18 September 2015

12 Hal yang Harus Diketahui Penulis Cerita (Bagian 3)

Ingin melihat tips ke-1 sampai ke-4? Klik di sini.
Ingin melihat tips ke-5 sampai ke-8? Klik di sini.

9. Penjelasan

Eksposisi adalah perusak cerita misteri. Eksposisi adalah penjelasan yang terperinci. Walaupun merusak, terkadang eksposisi diperlukan dalam beberapa bagian. Meskipun demikian, kita harus mengerti bahwa memasukkan eksposisi ke dalam cerita misteri bisa diibaratkan dengan menyalakan cahaya dalam ruang gelap. Seringkali ruangan itu lebih baik dibiarkan gelap. Dalam hal ini, 'ruangan, adalah cerita, sedangkan 'kegelapan' adalah misterinya.

'Ruang-ruang' yang terang akan membuat pembaca bosan karena semuanya sudah jelas. Sedangkan pembaca harus dipaksa berada di dalam ruang gelap selama mungkin. Di akhir cerita, barulah cahaya yang terang benderang boleh dimasukkan. Intinya, cahaya eksposisi bisa menghancurkan bayang-bayang misteri.

10. Semakin lama misteri berlangsung, pemecahannya harus semakin memuaskan

Artinya, kamu sebaiknya tidak memperpanjang misteri bila pemecahannya tidak memuaskan. Tentu kamu tidak bisa membuat pembaca menghabiskan 300 halaman atau 2,5 jam hanya untuk menuju kalimat "HAH TERNYATA SELAMA INI KUNCI ITU ADA DI SEPATU TOKOH UTAMA!" *guntur pun menggelegar*

11. Jangan buat cerita misteri dengan ending yang mudah ditebak

Ingin tahu caranya? Klik di sini!

12. Orang-orang licik

Karakter-karaktermu bisa menjadi orang-orang licik yang menciptakan misteri bagi pembaca. Misalnya, buat tokohmu tidak mengambil keputusan yang benar sepanjang waktu, gagal menceritakan kebenaran, atau berbohong besar. Semua ini menciptakan misteri yang membuat pembaca penasaran, dan jika itu terjadi: selamat, kamu telah berhasil!

*

Bagian satu sampai tiga post ini bersumber dari sini. Diterjemahkan dengan perubahan.

Mau menambahkan tips lain? Silakan! Terima kasih banyak bila meninggalkan komentar di sini, I really appreciate it! :) Well, semoga post ini bisa membantu^^.

Kata kunci: cara membuat cerita bagus, bagaimana cara menulis buku best seller, apa rahasia penulis cerita, bagaimana cara membuat cerita novel kumcer cerpen yang bagus dan baik

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).