Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Senin, 30 September 2013

Jangan Langsung Edit Kalau Sudah Selesai!

Halo, Assalamu 'alaikum! :)

Naskahmu sudah selesai? Wah, hebat! Eits, tapi jangan langsung diedit dulu, lho.
Kenapa?
Gini ya. Ketika ceritamu selesai, yang ada di pikiranmu adalah ‘Senangnya! Yey!’ Jadi lebih baik kamu istirahat sebentar saja.

Istirahatnya sehari sampai tiga hari lah. Selama itu, kamu gunakan saja waktumu untuk santai-santai, refreshing, ngemil sambil nonton televisi, pokoknya lakukan saja yang kamu mau!

Kemudian, barulah kamu buka naskahmu di laptop. Kamu baca dari awal cerita, perbaiki kesalahan yang ada, dan setelah semuanya sempurna alias sudah diedit, baru deh dikirim ke penerbit!

Kenapa kita jangan langsung mengedit naskah? Soalnya, mata terasa jenuh karena terus berhadapan dengan laptop. Sudah begitu, otak juga terus-menerus dipakai untuk ide menulis. Otomatis, kalau kamu langsung mengedit naskah, matamu tidak akan jeli dalam menangkap kesalahan-kesalahan yang ada. (aku pengalaman, lho XD) Kamu pasti hanya membaca naskahmu secara sekilas, jadi kesalahan di naskahmu tak akan terlihat!

Jadi, jangan langsung diedit lho kalau naskahmu sudah jadi. Oke? (:
#Ninda
Wassalamu 'alaikum .... :)

5 komentar:

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).