Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Selasa, 25 Desember 2012

Apa itu Fanfiction?

Halo, Assalamu 'alaikum! :)
Hai! Aku mau bahas tentang fanfiction nih.
Ada yang tau apa itu fanfiction? Baguslah.
Belom tau? Ayo, sini aku kasih tau. Aku sih dapet infonya dari forumnya darmizan. Nah, yang ngepostnya sih Kak Marsella Azuela. Tapi aku ubah dikit deh kata-katanya xD.
Mau tau? Check out aja! ^^

Apa itu Fan Fiction?
Karya sastra yang fiksional karya fans yang dibuat berdasarkan suatu basic media tertentu. Karya-karya ini dibuat berdasar imajinasi si penulis, bisa canon (sesuai/nyata) ataupun AU(alternate universe, fiksional). Bisa berupa one-shot (satu bab selesai), two-shot (dua bab selesai), drabble (cerita pendek-pendek yang berkisar pada satu topik tertentu) dan lain-lain.

Intinya, Fan Fiction itu cerita yang kita buat berdasarkan novel yang kita baca. Kalau kalian baca novel (misal Harry Potter nih) kalian buat ceritanya dengan tokoh Harry Potter tapi alurnya buat sendiri. Misal kalian buat cerita keseruan si Harry, Hermione, dan Ron lebih luas (mereka jalan-jalan ke mall kek, atau mereka tersesat di Tokyo gitu...) tapi alurnya buat sendiri... Sesuai dengan imajinasi yang ada di pikiran kita.

Terus kalau manga (komik Jepang) , biasanya di sebut doujinshi. Tapi Doujinshi ini dibuat dengan media komik.

Tambahan dari Ninis Hanifah: Fanfiction ditulis bukan hanya berdasarkan novel/ buku cerita saja, seperti fanfiction Harry Potter, Narnia dan Hunger Games misalnya. ada juga fanfiction yang ditulis berdasarkan komik manga/anime. misalnya, fanfiction Naruto, One Piece, Detective Conan, dll.

Baru-baru ini juga ada fanfiction dengan tokoh artis idola kita. Contohnya kayak One Direction yang ada Harry Styles, Zayn Malik, Liam, dan kawan-kawannya. Fanfic dengan tokoh artis Korea ada juga, lho.

Kalau bicara mengenai fanfiction itu nggak bakal ada habis-habisnya, bahkan sampai mulut berbuih. pokoknya seru banget nulis fanfic itu, istilahnya wacana lain untuk menuangkan kreatifitas dan khayalan kita lah, hehhhe.

Nah, itu dia penjelasan tentang fanfiction. Semoga kalian ngerti yak :D. Kalo gak ngerti komen aja. Dan kalau ada tanggapan comment yak. :3

#Ninda
Wassalamu 'alaikum .... :)

0 shout{s}:

Posting Komentar

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).