Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Jumat, 24 April 2015

Bagaimana Cara Menulis Cerita Menyedihkan

Ingin menulis dark atau sad story? Cobalah langkah-langkah berikut ini.

1. Buat outline. Buat daftar kejadian-kejadian dalam ceritamu, buat plotnya. Sebaiknya kamu mengetahui jalan ceritamu sehingga kamu bisa menulis ceritamu dengan lebih mudah. Saat tokohmu menjalani kejadian-kejadian yang buruk, buatlah deksripsi yang baik dengan kreativitasmu.

2. Tunggu sebuah hari di mana ada hujan deras. Ketika rintik hujan mulai berjatuhan di jalanan, pergilah keluar dan berjalan-jalan. Dengan cara ini, kamu akan mencapai rasa dramatis, dan bisa juga mendapat inspirasi.
Jika kamu tidak suka basah, bawalah payung saat berjalan.

3. Bacalah cerita-cerita sedih. Terkadang, melihat bagaimana pengarang-pengarang lain menulis cerita bisa membantumu untuk menulis ceritamu. Jangan takut untuk mencoba gaya menulis mereka, tetapi pastikan bahwa kamu tidak plagiat.

4. Dapatkan feelingnya. Dengarkan sebuah lagu yang sangat menyedihkan. Sering kali musik mengeluarkan sebuah perasaan dari dalam dirimu.

5. Menulislah saat kamu sendirian. Suara berisik sering kali bisa menganggumu saat menulis ceritamu. Yang kamu butuhkan untuk berpikir jernih adalah ruangan yang tenang.

6. Cobalah untuk merasakan apa yang sedang kamu tulis. Jika tokoh utamamu adalah seorang pasien kanker, maka kunjungilah seseorang yang terkena kanker. Jika tidak, online-lah dan carilah beberapa jurnal tentang itu.

7. Gunakan tanda baca yang baik.

Selamat menulis!

Sumber: http://www.wikihow.com/Write-a-Dark-or-Sad-Story. Diterjemahkan dengan beberapa perubahan.

4 komentar:

  1. mau nanya, gimana caranya bikin cerita sedih tapi gak lebay? thx before :)

    BalasHapus
  2. Cara mulai cerita yg bisa ngajak pembaca menikmati cerita kita gimana ya. Thx :D

    BalasHapus
  3. Gampang sih gua buat cerita sedih temen2 gua ikut sedih.

    Cuma butuh feel,perasaan,berpikir emosional,dan intinya pikir pikir dan pikir tentang hal yang sebelumnya bahagia menjadi sedih

    BalasHapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).