Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Jumat, 20 Februari 2015

Cara Ampuh untuk Mulai Menulis Novel

1. Membaca, membaca, membaca! Ini adalah cara terbaik untuk mempertajam pikiranmu. Bacalah semua hal, mulai dari koran sampai komik. Waktu membaca, jangan hanya fokus pada jalan cerita. Perhatikanlah bagaimana sang penulis menyusun kalimat, di mana dia meletakkan titik atau koma, dan sebagainya.

2. Mulailah menulis. Kamu enggak harus langsung memulai dengan sesuatu yang besar. Mulailah dari hal sederhana. Coba deskripsikan sahabatmu sedetail-detailnya. Coba tulis cerpen, esai untuk sekolah, pokoknya apa pun yang membuatmu membuka pikiranmu. Temukan suara 'kepenulisan'mu.

3. Temukan genre yang membuatmu tertarik. Buku jenis apa yang ingin kamu buat? Fantasi? Romance? Misteri? Tulis apa yang kamu suka. Jangan plagiat. Misalnya, anggap saja kamu sedang menulis buku fantasi. Kamu ingin menulisnya karena habis saja membaca Harry Potter. Setelah bukumu selesai, kamu baru sadar kalau bab-bab awal bukumu benar-benar mirip Harry Potter. Juga tokoh utamamu. Juga plot ceritamu. Jelas, kamu tidak bisa menerbitkan naskahmu--karena isinya amat mirip dengan Harry Potter. Jadi, pastikanlah bahwa tokoh-tokoh ceritamu dan plot ceritamu adalah hasil karyamu sendiri. Kalau ternyata agak mirip dengan beberapa buku, tidak apa-apa, karena sekarang ini sulit untuk membuat sesuatu yang benar-benar 'orisinil'. Pasti sudah ada orang yang membuat cerita seperti itu, tetapi selalulah percaya pada imajinasi-imajinasi yang ada di pikiranmu--yang jelas, hasil 'karyamu' sendiri.

4. Rencanakan. Pastikan kamu sudah merencanakan awal, pertengahan, dan ending ceritamu. Iya, cukup tiga inti itu saja. Akan lebih baik kalau hal-hal kecilnya juga sudah kamu pikirkan, jadi kamu bisa menulis novelmu nantinya dengan lebih mudah.

5. Sekarang kamu siap untuk menulis. Bukalah Microsoft Word dan biarkanlah kreatifitasmu mengalir dengan sendirinya! Buat awal ceritamu semenarik mungkin. Rancang tokoh-tokoh ceritamu dengan baik, jadi pembaca akan 'peduli' jika mereka tertabrak mobil atau patah tulang. Buat itu nyata, dan semoga berhasil!

Sumber: http://www.wikihow.com/Start-Writing-Your-Novel, diterjemahkan dengan sedikit perubahan.

2 komentar:

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).