Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Minggu, 13 Oktober 2013

Apa Saja Modal Untuk Menjadi Penulis?

Halo, Assalamu 'alaikum! :)
Apa Saja Modal Untuk Menjadi Penulis?

Untuk menjadi seorang penulis, tentu saja kita harus memiliki beberapa hal penting. Istilahnya, kita harus bermodal supaya kegiatan tulis-menulis kita lancar. Dengan memiliki beberapa hal di bawah ini, kita akan menulis dengan ‘lebih’ mudah!
Hal-hal yang harus kita miliki tadi adalah ...
Baca selanjutnya! XD

-tekad yang kuat
Tanpa tekad atau keinginan yang kuat, tentu saja kita enggak akan bisa jadi penulis. Tanpa tekad, saat menulis, mungkin kamu bakal bilang, “ah, ngapain aku nulis? Males deh. Mending aku main game online aja.”
Pokoknya, kamu harus punya tekad yang kuat dalam menulis! Tekankan pada dirimu, “Aku harus menyelesaikan naskah ini!”

-laptop atau komputer
Ini adalah modal yang harus dimiliki oleh setiap penulis. Tanpa laptop atau komputer pribadi (selanjutnya disebut laptop saja, ya. Biar enggak susah nyebutnya XDD), kita pasti bakal kesusahan untuk mengetik ceritanya. Kalau kalian enggak punya laptop, kamu bisa aja pinjam ke mama atau papamu, ataupun kakakmu. Kalau mereka semua enggak punya, pilihan terakhirmu adalah flashdisk!
Dengan flashdisk, kamu bisa mengetik ceritamu di mana saja. Hanya dengan mencolokkan flashdiskmu ke komputer di warnet, di laptop temanmu ataupun di komputer sekolah atau lainnya, kamu bisa langsung mengetik ceritamu! Praktis, kan?

-internet
Ya, tentu saja ini penting! Kalau tidak ada internet, bagaimana cara kita kirim naskah? (apalagi yang via email) Kalau tak ada internet, bagaimana cara kita mendapatkan info-info lomba yang diselenggarakan penerbit? Bagaimana cara kita mengetahui lebih banyak info tentang proses pengiriman naskah? Bagaimana cara kita berkomunikasi dengan editor?
Sebagai seorang penulis, kita harus selalu up to date dan tak boleh kudet. (halah, gayamu -___-VV) Kalau sudah menerbitkan buku, biasanya akan ada pembaca yang mengirim email, mention, ataupun message ke sosial media kita. Kalau kita enggak balas pesan dari sang pembaca itu, kita bisa dianggap sombong, tak bersahabat, ataupun yang lainnya (kecuali kalau memang betul-betul sibuk, jangan dipaksakan).
Internet ini sangat berguna lho. Apalagi untuk mempromosikan buku yang baru terbit! Jadi, usahakan kamu sering terhubung dengan internet, ya. Tapi ingat, jangan lupakan tugas sekolah! Aku sendiri, sih, hanya internetan di hari Sabtu dan Minggu.

-printer
Printer! Yap, setiap penulis seharusnya memiliki printer supaya bisa lebih mudah dalam mencetak naskah. Namun, kalau kamu lebih suka ngeprint di warnet, sih, enggak apa-apa, kok.
Aku sendiri punya dua printer. Oh ya, merek printer yang bagus, sih, menurutku Canon.

Nah, itu dia modal-modal untuk menjadi penulis. Kalau kamu memiliki semua yang kusebutkan di atas, insyaallah menulisnya bakal lancar, deh! Kalau enggak punya printer atau laptop, jangan terlalu dipaksa untuk beli. Kamu, kan, bisa pinjam punya orangtuamu x))
Eits, tapi modal yang pertama kusebutkan tadi, harus dimiliki, lho! Oke? XD
Ada hal yang belum kusebutin? Tolong beritahu, ya, dan silakan berkomentar tentang posting ini! Cara berkomentarnya gampang, kok. Isi saja komentarmu di kolom komentar, lalu pilih identitas yang sesuai denganmu. Kalau kamu klik tulisan ‘publikasikan’, komentarmu bakal langsung muncul! Enggak pakai capcha ataupun moderasi.
Makasih udah mau baca postingku! ^^
Salam manis ya.

#Ninda
Wassalamu 'alaikum .... :)

2 komentar:

  1. boleh kok, silakan Dek ;)
    tapi, tolong kasih link ke blogku ya. tulisin sumber dari artikel ini, ngerti kan maksudku? :D

    BalasHapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).