Home besties about daftarisi tipsnulis petunjuk contact

Rabu, 02 Januari 2013

9 Cara Mudah Agar Naskah Kita Diterima Penerbit

Halo, Assalamu 'alaikum! :)
Lohaloha~ (?)
Aku mau post tentang cara agar naskah kita diterima penerbit.
Eits! Bukan berarti naskahku gak pernah ditolak, lho .... Tapi aku cuma mau kasih tau aja. Siapa tahu cara-cara di bawah ini bisa membantu. ^o^
Check it out yuk! (:

Sebenrnya gmpang sih, tp trgantung kita juga.

Ikuti persyaratan yang diberikan penerbit.

Misalnya penerbit memberikan batas halamannya minimal 65 halaman, dan maksimal 75 halaman. Kalian jangan buat cerita dengan 60 halaman atau 80 halaman, dong. Ikuti saja syarat penerbitnya.
Misalnya lagi, penerbit hanya menerima novel. Kalian jangan kirim kumpulan cerpen. Misalnya juga penerbit hanya menerima kiriman naskah lewat pos. Jangan kirim lewat e-mail, ya.

Buat cerita dengan tema yang berbeda dari yang lain.

Ini termasuk sulit. Ya, bukannya gampang lho buat cerita berkualitas itu. tapi kita harus usaha, dong. Coba deh buat cerita yang unik, beda dari yang lain, dan gak pasaran tentunya. Cari inspirasi dari hal-hal kecil di sekitar kita!
Temanya apa dong? Oke. Misalnya kalian ingin temanya tentang keluarga. Coba deh buat alurnya itu gak pasaran, gitu lho maksudku. xD

Konsisten dengan inti cerita.

Ini penting. Maksudnya apa sih? Ya, gini looo. Misalnya kalian buat cerita tentang persahabatan, bercerita tentang si A dan B. Jangan deh, nyampe di tengah-tengah ceritanya jadi bercerita tentang si C sedetil-detilnya, padahal gak ada kaitannya sama A dan B. Nanti pembacanya pasti bilang, “Lah, si C ini ngapain? Orang gak ada kaitannya sama A dan B ....”
Dan jangan juga kalian pakai tokoh ‘aku’, namun di tengah-tengah jadi ‘saya’. Nah, misalnya kalian panggil ibu dengan sebutan ‘bunda’ di awal. Tapi di tengah jadi ‘mama’. Dan di akhir jadi ‘ibu’. Waduh, ntar yang baca ngira kalo ibunya ada tiga. -_-V

Jangan terlalu bertele-tele.

Kalau buat cerita, kita gak perlu cerita tentang hal yang nggak penting. Misalnya, kita bercerita tentang A yang pakai baju rumah, padahal dia sedang sekolah. Boleh-boleh aja sih, kalian kasih tau motif baju yang dipakai si A. Tapi jangan cerita gimana ibunya ngasih itu.
Contoh:

Ardi memakai baju bertuliskan namanya dan berwarna merah. Dia pun pergi ke sekolah. Sampai di sana, dia ditertawakan teman-temannya karena dia tidak memakai baju seragam.
Baju merah Ardi dibelikan ibu Ardi di mal ternama yang bernama Mal Anggrek. Mal itu cukup bagus dan luas. Di dalamnya berisi barang-barang impor yang terkenal bagus. Setiap minggunya, Ardi selalu pergi ke sana.

Nah, coba perhatikan di paragraf kedua. Itu gak perlu! Babat semua. Kecuali kalau memang ada kaitannya dengan cerita, baru boleh. Sekarang mengerti, kan? (:

Buat konflik (masalah) dalam cerita.

Dalam sebuah cerita tentu saja harus ada konfliknya. Misalnya kalian buat cerita persahabatan (ini contoh simpelnya). Ceritanya si Y dan Z bersahabat. Mereka menjalani hari-hari dengan riang gembira. Nah, kalau gitu aja ceritanya kan gak seru.
Coba deh kalian tambahin. Misalnya bapaknya si Y meninggal gara-gara rumahnya Y kebakaran. Nah, jadinya kan ceritanya lebih seru! Iya, nggak?

Buat penyelesaian konflik.

Kalau kita buat konflik, harus ada masalahnya dong? Kalau nggak ada penyelesaiannya, kasian yang baca dong ._. buatlah penyelesaiannya sebaik mungkin, jangan nggak nyambung sama masalahnya dan jangan terlalu impossible atau mustahil.

Buat nama tokoh sesuai dengan karakternya.

Ini penting! Nah, misalnya kalian buat tokoh yang tinggal di kampung. Kerjaannya maen layangan tiap hari. Ya gak mungkin kan namanya Jack? Harusnya namanya biasa aja, jangan Jack juga kali.
Nah, misalnya juga kalian buat tokoh. Orangnya kayaaaa banget. Dia artis ternama. Setiap hari syuting, tiap minggu ke mal habis sepuluh juta. Masa namanya Paijo? Aneh banget lah yawww!
Jadi tolong sesuaikan sama karakternya, ya, hehehe. :D

Jangan PLAGIAT!

Ini penting! Jangan pernah meng-copas atau meniru karya orang lain. Ingat, ya. Itu bisa mencemarkan nama baik kita sendiri. Walaupun penerbit tidak tau, kalau sampai akhirnya ketahuan saat sudah terbit, aduh, gawat. Bisa-bisa kita dituntut dan kemungkinan besar naskah kita tidak akan diterima dan diterbitkan lagi karena penerbit sudah tidak percaya dengan kita. Gaswat, kan? :(

Pastikan tanda baca dalam cerita itu tepat.

Ini termasuk penting, lho. Jangan sampai kita salah memberikan tanda baca titik, koma, tanda tanya, tanda seru, dan lainnya. Nanti kita malah dikira nggak ngerti tanda baca sama sekali! Karena itulah kita harus banyak membaca buku agar wawasan kita bertambah.

Kalau naskah kita masih ditolak, bagaimana? :’(

Duh, jangan patah semangat dulu, dong. Mungkin saja selera penerbit tidak cocok dengan naskah kita. Atau naskah kita kurang bagus, dan bisa juga temanya pasaran. Atau mungkin alurnya jelek? Plotnya nggak berkembang? Ceritanya Cuma itu-itu aja? Nggak ada konflik? Penyelesaiannya konfliknya kurang bagus?
Penerbit punya banyak alasan untuk menolak naskah seseorang. Jangan berpikir kalau kita tidak punya bakat menulis. Dulu, naskahku juga pernah ditolak. Tapi, ingatkah kalian kalau kegagalan adalah kemenangan yang tertunda?

Saranku simpel saja. Instropeksi diri, dan teruslah berkarya!
Salam sukses ^_^
#Ninda
Wassalamu 'alaikum .... :)

38 komentar:

  1. Itu dari pengalaman kamu? Hebat ya, kamu membagikan ilmu mu. Hehe.. aku mau pakai cara itu ahh.., tapi coba dulu! XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya xD hehehe, makasih :) Ayo silakan dicoba :D hahaha

      Hapus
  2. Wahhh kebetulan aku lagi fokus nulis novel kisah aku sendiri, jadi banyak yg mesti diperbaiki lagi. makasih tipsnya, mudah2an novelku cepet terbit :D Mampir ya... http://realstoryldr.blogspot.com :)

    BalasHapus
  3. udah berapa cerita yang diterbitkan punya kamu....???

    BalasHapus
  4. yang kamu kirimi naskah penerbit yang mana???

    BalasHapus
  5. udah berapa cerita yang diterbitkan punya kamu....???

    BalasHapus
  6. udah berapa cerita yang diterbitkan punya kamu....???

    BalasHapus
  7. Aku sedang mencoba. menurutmu kalau judulnya The Story of FRIEND gimana.Mmm trims banget buat semua tipsnya dan cuma comment disini. Mampir ya kalau butuh tutorial blog http://osel-smart.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan aja buat ceritanya :D sama-sama, no problem :)
      okesip deh XD

      Hapus
  8. tipsnya keren :)
    aku juga pengen kirim naskah. tapi yang sering jadi permasalahan yaitu jarak. aku bingung akan mengirim naskahku kemana. karena yang aku tau penerbit itu kebanyakan berada di pulau jawa. sedangkan aku, aku berada di pulau sumatra. jauh banget kan
    emang sih, bisa dikirim melalui via e-mail. tapi aku masih ragu, bukannya apa apa.. aku cuma takut nanti terjadi penipuan. kan kalo udah kayak begitu gak enak banget rasanya..
    menurut kamu aku harus gimana?
    makasih sebelumnya :) maaf ganggu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihh :333
      lewat pos aja :) lewat email gapapa kok, yang penting kamu harus pastiin dulu; penerbit itu udah pernah nerbitin buku belum? kalau belum pernah dan tiba-tiba buka lowongan, baru kamu bisa curiga :D

      Hapus
  9. Kak Ninda,mksh bnyk Tipsnya..Aku bkl pake tips ini,deh.. smg karya2 kakak slalu diterima penerbit..
    amin.,

    BalasHapus
  10. kakkalo kita ngirim ke lebih dari satu penerbit gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu cerita sebaiknya untuk satu penerbit. kecuali kalau naskah sudah ditolak sama penerbit itu, boleh saja kirim ke penerbit lain :)

      Hapus
  11. Kamu pernah gk kirim naskah cerita ke pbc (pink berry club) ?

    BalasHapus
  12. mau nanya nih, kan aku lagi bikin novel horror, nah gimanasih caranya bikin cerita yg menegangkan? jadi biar pembaca bisa ngerasain hal yg terjadi di cerita itu.. thx before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek di sini yaa Deaa: http://goresan-nada.blogspot.com/2015/08/8-cara-dan-tips-ampuh-menulis-cerita.html

      Hapus
  13. Keren tuh, tapi kalau kita mau tulis cerpern sama enggak tipsnya? Thanks :)

    BalasHapus
  14. Kak.. katanya bukunya udah sering diterbitkan sama penerbit Mizan. Aku lagi coba mengirimkan novel karya aku ke penerbit. Pengen nyoba Kirim ke penerbit Mizan juga. Boleh bagi2 info alamat lengkap redaksi mizannya kak? Terima kasih, ditunggu infonya ya kak..

    BalasHapus
  15. Aku mau mengirim naskah. Makasih ya tipsnya :) , Ninda.

    BalasHapus
  16. kak, kalau kasih tahu cara membuat naskah dong. saya sudah punya tulisan nih tinggal cara buat naskah untuk dikirim ke penerbit

    BalasHapus
  17. keren tips nya bisa mjd inpirasi buat sy pribadi utk mengembangkan tulisan. mari visit ke blog adeliciajoan.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Woah keren artikelnya. Bener - bener memotivasi ^^ makasih ya kak atas sarannya juga. By the way, kalau boleh tau kakak bikin ceritanya genre apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama dik. :) genre bebas kok, yang jelas sejauh ini buat nerbitin cerita anak2 hehe

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Kalau ceritanya ttg cinta2 gtu enaknya bahasanya pake lo gue atau aku kamu yah ?
    Trsmisal print out dikirim lewat apa ? Misal tempatnya jauhan
    Mksh udh jwb

    BalasHapus
  21. Saya mau tanya soal PBC. Kalau mau nanyain kabar naskah yang sdh dikirim, dihubungi lewat apa? Trims.

    BalasHapus
  22. Thanks kak tips ny. Kak boleh minta pin bbm nggk atau apalah,, biar bisa chatan. Soalny banyak yang ingin aku tanyain ke kakak tentang buat novel. Please n thanks!!

    BalasHapus
  23. Aku punya naskah, cerita yang aku pakai menggunakan sudut pandang yang banyak.

    Ktanya sih sudut pandang jangan lebih dari tiga, tp buku game of thrones aja menggunakan sudut pandang banyak, jadinya aku yakinin buku aku juga bisa seperti itu.

    Aku juga udah bandingin dengan buku-buku yang bergenre mirip, dan aku rasa punyaku punya kualitas yang tak jelek.

    Berharap penerbit apapun mau menerima naskahku.

    BalasHapus
  24. Kak kalo PCPK boleh kan kirim email.terus kalo jadi penulis harus ada NPWP ya kak

    BalasHapus
  25. Kak...mau tanya..kalo naskah kita terbit di mizan..kita dihubungi via apa?

    BalasHapus

Terima kasih bila sudah menyempatkan diri untuk berkomentar! 💕 :)

No captcha, no moderation, and no login here! Tinggal isi kolom komentar lalu publish, sesimpel itu! Bisa juga pakai anonim jika diperlukan (tho I don't recommend it) :).